Komentar Ketua YKB

Komentar Ketua YKB

Ibu Sri Soedarsono

(Ketua Yayasan Keluarga Batam)

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera untuk kita semua.

 

Pertama dan paling  utama marilah kita  mengucapkan syukur kehadirat Allah Swt, karena hingga saat ini kita semua  masih mendapatkan lindungan dan anugerah nikmatNya, terutama nikmat umur, kesehatan dan kesempatan, sehingga kita masih bisa menyaksikan 30 tahun kiprah pendidikan Sekolah Kartini yang berada di bawah naungan Yayasan Keluarga Batam (YKB).

            Tanpa terasa  dan kita sadari, bahwa sejak didirikannya YKB pada tanggal 28 Desember 2008, kini usianya telah mencapai 3dasawarsa. Dengan keterbatasan yang ada, YKB tetap dapat berkiprah, meskipun kadangkala mengalami pasang surut. Syukur alhamdulillah, pada saat ini kita masih dapat menyeksikan 30 tahun kiprah pendidikan Sekolah Kartini.

            Sebagaimana kita ketahui, dalam meneruskan kiprah pendidikan Sekolah Kartini, kita harus tetap terus maju, tidak boleh berjalan di tempat, apalagi sampai kembali ke titik nol. Ibarat kata pepatah “Sekali maju pantang bersurut ke belakang”. Artinya, untuk keberhasilan dan kesuksesan kita tidak punya pilihan lain, yaitu harus  tetap terus maju menjawab tantangan yang semakin global.

            Untuk itu, di usianya yang ke-30 tahun, sudah sepantasnyalah semua Sekolah Kartini dapat menuju Sekolah Berstandar Internasional (SBI). Momentum HUT YKB Ke-30 tahun patut kita maknai sebagai era menuju perubahan global melalui layanan pendidikan berstandar internasional. Suatu penghargaan besar bagi kita, bahwa program akuntansi SMK Kartini terpilih menjadi program sekolah bertaraf internasional. Ini merupakan prestasi besar dan merupakan start awal yang menuntukan bagi kemajuan pendidikan sekolah-sekolah Kartini lainnya.

            Memasuki tahun 2012 mendatang, diharapkan semua Sekolah Kartini dapat mencapai mutu dan kualitas pendidikan berstandar internasional.  Untuk mewujudkan program tersebut bukanlah suatu hal yang mudah.  Kalau kita hitung mulai dari sekarang, artinya kita mulai start dari akhir tahun 2008, itu berarti kita punya waktu kurang dari 4 tahun  untuk menuju Sekolah Kartini Berstandar Internasional pada tahun 2012. dibutuhkan kerjasama dari para orang tua, guru, dan yayasan sebagai penyelenggara pendidikan. Jadi tanpa adanya kerjasama dari segitiga tersebut sangat sulit rasanya kita bisa meningkatkan mutu sesuai dengan tuntutan SBI.

            Namun saya tetap yakin, bahwa kalau kita dapat bekerja sama, serta didukung oleh kedisiplinan yang tinggi, memasuki tahun 2012 nanti semua Sekolah Kartini bisa mencapai sekolah SBI.

            Lokasi Batam yang strategis yang berbatasan langsung dengan Singapura yang dikenal sebagai kawasan perdagangan dunia, maka agar tidak tertinggal, semua Sekolah Kartini harus bisa menguasai 2 bahasa utama, yaitu bahasa Inggris dan bahasa Mandarin. Sebab, ke depan kedua bahasa tersebut memegang peranan penting, khususnya untuk mencapai sertifikasi SBI. 

            Selanjutnya, saya mohon doa restu dari segenap keluarga masyarakat yang ada di Batam ini untuk dapat meneruskan cita-cita melayani masyarakat melalui pendidikan berkualitas, kesehatan yang memadai dan aspek sosial budaya pada umumnya. “Dirgahayu 30 Tahun Yayasan Keluarga Batam” semoga Allah swt selalu melindungi dan  membimbing kita ke jalan yang diridhaiNya. Amien ya rabbal ‘alamien.