SMP Kartini I Batam

SMP Kartini I Batam

SMP KARTINI I BATAM : SUKSES MENGGALI POTENSI SISWA

“Di antara aku, kamu, ada dia”.  Itulah judul film hasil kreativitas siswa SMP Kartini I Batam yang diluncurkan pada April 2006. Berita peluncurannya  sempat dimuat di surat kabar lokal di Batam. Meskipn belum sehebat film sinetron yang ditayangan di televisi, paling tidak film hasil garapan siswa tersebut bisa menjadi spirit bagi tumbuhnya ide yang inovatif. Penulis skenario film tersebut adalah Selvynna siswi SMP Kartini I Batam.

            Pembuatan film tersebut adalah sekedar contoh  dari sekian banyak hasil keativitas siswa. Sebab, di mata para siswa, SMP Kartini I adalah sumber inspirasi bagi tumbuhnya ide kreatif  untuk menyalurkan minat dan bakat. Di bawah bimbingan dan dukungan guru,  semua siswa termotivasi untuk maju dan berkarya sesuai dengan potensi yang dimiliki.

            Barangkat dari visi sekolah: “Sekolah yang unggul dalam kualitas, kreatif dalam aktivitas dan iman dalam identitas”, kepala sekolah dan majelis guru bekerja sama melaksanakan program kegiatan belajar mengajar.  Visi ini setidaknya telah menjadi acuan bagi guru dalam kesamaan pandangan ketika memberikan pelajaran dan pelatihan kepada siswa. Ada 3 acuan yang terdapat visi sekolah SMP Kartini I, yaitu:

a. Unggul Dalam Kualitas,  Indikatornya  :

1.      Unggul dalam penguasaan materi pelajaran,terlihat dari hasil Ujian Akhir (UAN/UAS),serta Pendidikan tanpa gagal.

2.      Lulusan dapat diterima di SLTA Unggulan.

3.      Menjuarai lomba-lomba di bidang Ilmu Pengetahuan dan teknologi Tingkat SMP dan lomba karya tulis.

 

b. Kreatif  Dalam Aktivitas, Indikatornya :

1.      Memenangkan lomba – lomba bidang ketangkasan dan ketrampilan       Olah raga dan Kesenian Tingkat SMP

2.      Tampil dalam acara-acara dan kegiatan Tingkat Kecamatan, maupun tingkat  Kota Batam.

3.      Menguasai teknologi sesuai dengan perkembangan serta dapat berkomunikasi dalam bahan Inggris.

c.  Iman Dalam Identitas, Indikatornya :

1.      Melaksanakan Ibadah sesuai ajaran Agama yang dianut  secara kontinyu.

2.      Menunjukkan disiplin dan budi pekerti yang baik, serta dapat mandiri.

3.      Memiliki pengetahuan dan ilmu Agama yang memadai tentang agama yang dianutnya.

            Untuk mewujudkan visi tersebut, kepala sekolah dengan dibantu beberapa guru senior merumuskan beberapa misi yang dapat dijadikan sebagai  indikator ketercapaian visi sekolah, yaitu:

1.      Terlaksananya proses pembelajaran yang sistematis, terpadu, terprogram dan berkualitas.

2.      Terciptanya lingkungan sekolah yang bersih, aman, tertib, asri dan menarik.

3.      Terciptanya lulusan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk melanjutkan ke SMA.

4.      Terciptanya siswa yang kreatif, berkarya dan berwawasan maju.

5.      Terbentuknya individu yang beriman dan bertaqwa.

 

            Disamping Indikator Visi, Misi, SMP Kartini I juga merumuskan beberapa  ketentuan tentang pencapaian prestasi. Ketentuan-ketentuan ini hendaknya dicapai oleh semua siswa secara baik dan mendalam. Prestasi yang harus diraih siswa tidak hanya terbatas pada prestasi kemampuan akademik, tetapi prestasi dlam arti luas, meliputi akademik dan non akademik. Setidaknya ada  tiga kategori prestasi yang ditetapkan oleh sekolah, yaitu:

1.      Prestasi dalam memperoleh nilai harian.

Bila satu pokok bahasan telah diajarkan oleh Guru atau telah 4 minggu belajar, maka guru mengadakan ulangan harian, untuk menguji daya serap siswa. Para siswa harus memperoleh nilai minimal 7,50 dari ujian harian tersebut. Bila nilai 7,50 tidak tercapai siswa wajib melakukan tambahan di sekolah atau dirumah untuk mengulangi materi yang belum dikuasai. Perbaikan ini dapat dilakukan berulang – ulang sehingganilai akhir dari hasil perbaikan minimal 7,00.

Bagi siswa telah memperoleh nilai 7,50 dalam ujian harian maka siswa dapat mengikuti Program pengayaan untuk memperluas penguasaan materi pelajaran.

2.   Prestasi dalam mencapai nilai Raport.

Nilai yang tercantum dalam raport semester minimal 6,00 untuk setiap mata pelajaran. Dengan demikian nilai ujian yang diperoleh dalam ujian semester juga minimal 6,00. Bila nilai minimal pada raport belum terpenuhi, penulisan raport untuk mata pelajaran  ditunda sampai ia mengikuti perbaikan, misalnya pada akhir tahun, maka nilai tidak ditulis, tetapi harus diulang setelah siswa yang bersangkutan duduk di kelas yang lebih tinggi, dengan mengikuti ulangan khusus.

3.   Prestasi kegiatan Ekstra Kurikuler.

a.   Upacara Bendera.

      Setiap siswa wajib menguasai pelaksanaan upacara bendera dan siap sewaktu – waktu ditunjuk sebagai petugas Upacara di sekolah. Bagi siswa kelas II dan III harus dapat melatih siswa kelas I dalam pelaksanaan Upacara dan siap sebagai petugas upacara diluar sekolah/ tingkat kecamatan dan kota.

b.   Senam Kesegaran Jasmani.

      Setiap siswa harus dapat memperagakan senam kesegaran jasmani secara baik. Siswa kelas II dan III harus dapat melatih orang lain dalam Senam Kesegaran jasmani atau jenis senam lainnya yang berkembang di  masyarakat.

c.   Gerakan Pramuka.

      Setiap siswa wajib menguasai materi kegiatan Pramuka minimal :

      - Kelas I    memperoleh tingkat Penggalang Ramu.

      - Kelas II  memperoleh tingkat Penggalang Rakit..

      - Kelas III memperoleh tingkat Penggalang Terap.

 d.   Palang Merah Remaja.

      Minimal setiap lulusan SLTP Kartini menguasai materi yang diberikan kepada palang Merah Remaja Madya.

      e.   Olah raga dan Atletik.

Setiap lulusan wajib menguasai cara bermain semua cabang olah raga permainan dan atletik serta dapat menjadi pemain yang tangguh salah satu cabang olah raga permainan dan atletik.

f.    Kesenian / tarian.

Siswa kelas I wajib menguasai dasar – dasar tari minimal dasar tari Melayu sedangkan kelas II dan IIII dapat menarikan minimal satu tarian untuk dipertunjukkan di depan umum.

g.   Musik dan Vokal.

Setiap lulusan wajib mengenal alat – alat musik dan memainkan alat musik ringat seperti ; Gitar, Pionika, Seruling dan sebagainya.

Bagi yang berbakat dapat menjadi pemain musik dalam satu pertunjukkan. Selain itu setiap lulusan harus dapat menyanyikan lagu-lagu perjuangan membawakan satu lagu lainnya yang berkembang dalam masyarakat seperti lagu – lagu  Pop, Melayu, Dangdut dan sebagainya.

h.   Bahasa Inggris.

Setiap lulusan harus sudah lancar berbicara dalam berbahasa Inggris sehari – hari. Di sekolah mengikuti two days Inglish a week.

i.    Agama Islam.

Bagi Lulusan SMP minimal harus dapat menjadi Muazin, Imam dalah sholat, hapal surat-surat pendek minimal 15 surat, lancar membaca Al Qur’an dan dapat melakukan ceramah singkat, selain itu harus menjadi siswa yang taat beribadah.

j.    Agama non islam.

dapat memimpin acara – acara kebaktian ringan, serta taat melaksanakan ajaran agama.

k.   Marching Band.

      Siswa yang berbakat dapat tampil pada acara pergelaran Marching Band.

      l.    Sains dan Teknologi.

Siswa mampu menerapkan dan mengaplikasikan ilmu yang dipelajari kedalam kehidupan yang nyata misalnya : dapat membuat karya tulis ilmiah.

KONDISI LINGKUNGAN SEKOLAH

Lingkungan sekolah cukup representative dalam menunjang proses pembelajaran, lokasi yang aman, asri, dan rindang dengan tanaman sebagai penyejuk kesegaran udara disekitar lokasi sekolah memungkinkan siswa belajar dengan tenang.

Letak sekolah SMP Kartini 1 Batam merupakan satu areal wilayah dengan SD Kartini 1 batam sehingga beberapa sarana dan prasarana sekolah digunakan bersama. Lingkungan sekolah tampak lebih luas dan ramah dengan siswa.

PROGRAM PENDIDIKAN SMP I KARTINI SEKUPANG- BATAM

A.Program Layanan Keagamaan Siswa

  1. baca Al-quran

  siswa dibimbing membaca al-quran setiap hari jumat ( satu kali dalam seminggu )     dan siswa menghafal surat-surat pendek dan bisa membaca al-quran dengan baik.

  2.  yasinan dan tahlilan

  3. hafalan surat-surat pendek

  4. dzikir dan doa

  5. seni islami dan sholawat

  6. fardhu kifayah

  7. pemotong hewan qurban

  8. wisata amaliah & ta’aruf

  9. bimbingan khitobah & ceremony

  10. da’wah islam

  11. perayaan hari besar agama.

  12. sholat zuhur

  13. buka puasa bersama

  14. halal bihalal

  15. pendalaman al-kitab

  16. perayaan natal

  17. kebaktian

KEGIATAN UMUM LAYANAN BUDI PEKERTI DA AKHLAK MULIA

  1. Religius sasaran adalah siswa memiliki prilaku dan sikap yang patuh   dalam   melaksanakan ajaran agama yang dianut, aplikasinya pada hari-  hari besar agama, memberi kesempatan untuk semua peserta didik untuk   melaksanakan ibadahnya sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

  2. jujur sasaran adalah siswa menjai individu yang selalu dapat dipercaya   dalam perkataan, tindakan dan pekerjaan, aplikasinya menyediakan   kotak saran dan pengaduan, larangan bagi siswa membawa fasilitas   komunikasi pada saat ulangan dan ujian, larangan menyontek.

  3. Toleransi sasaran adalah siswa dapat saling menghargai dan   menghormati perbedaan agama, suku, etnis dll, aplikasi menghargai   perbedaan agama, siswa bersikap, tanpa membedakan suku, agama dll,   memberi playanan yang sama tewrhadap seluruh warga kelas.

  4. disiplin sasaran adalah siswa memiliki tindakan yang menunjukan   prilaku tertib dan patuh pada berbagai ktentuan sekolah aplikasinya   membiasakan diri tepat waktu, mematuhi peraturan dan memiliki catatan   kehadiran

kerja keras sasaranya siswa dapat bekerja keras untuk menyelaesaikan tugas2   serta hambatan yang dihadapi aplikasinya menciptakan suasana kompetisi   yang sehat, menciptakan suasana yang memacu untuk bekerja sama.

  6. kreatif sasaranya siswa dapat berpikir dan melakukan sesuatu untuk   menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki aplikasinya   menciptakan situasi belajar yang menumbuhkan daya berpikir dan bertindak   kreatif dan memberi tugas yang menantang yang memicukan timbulnya karya2   baru.

  7. mandiri  sasaranya siswa bersikap dan berprilaku tidak mudah bergantung pada   orang lain dalam menyelesaikan tugas2. aplikasinya menciptakan situasi sekolah   yang membangun kemandirian peserta didik.

  8. demokratis sasaranya siswa dapat berbuat bertindak, berprilaku dan bersikap   secara demokratis aplikasinya dalam mengambil keputusan melibat seluaruh   warga sekolah, menerima perbedaan pendapat memilih pengurus kelas, dll

  9. Rasa ingin tahu sasaranya siswa mempunyai rasa keingin tahuan tentang hal-hal   baru dari sesuatu yang telah dipelajari dan dilihat, aplikasinya menyediakan media   komunikasi dan informasi untuk berekspresi bagi warga sekolah, dll

  10. semangat kebangsaan sasaranya siswa aplikasinya mengadakan upacara   bendera setiap hari senin dll,

c. program keunggulan layanan keagamaan

1. baca al-quran setiap jumat pagi dalam waktu 1x40 menit sasarannya seluruh siswa SMP 1

2. Yaasinan setiap hari jumat 1x40 menit waktu berselang seling dengan layan 1sasaranya seluruh siswa SMP 1

3. Hafalan surat pendek setiap hari jumat wakktu 1x40  menit secara berselang seling dengan layanan 2 asaran seluruh siswa SMP 1

4. Wirid pada hari jumat 1x40 menit waktu berselang seling dengan layanan 3, siswa diajak berdoa bersama, dll

5. Seni islami

6. Fardhu kifayah

7. Pemotongan hewan kurban

8. Wisata amaliah

9. ROIS

10. Da’wah islam

11. Perayaan hari besar agam

12. Salat zhuhur berjamaah

13. Buka puasa bersama

14. Halal bihalal

15. Pendalaman al-kitab

16. Kebaktian

Penetapan buku pegangan siswa

Dasar pertimbangan penggunaan buku adalah rapat majelis guru/kurikulum KTSP, Surat dinas pendidikan kota batam, BNSP, Perment pendidikan nasional no. 34 tahun 2008

Penetapan penggunaan buku pegangan siswa menggunakan penerbit pusat perbukuan ( BOS ) sebagian menggunakan yudistira, erlangga dan cempaka putih ( bersifat mandiri ).

 

Kondisi yang semestinya

Kondisi  real disekolah

hambatan

Rekomendasi

Setiap mata pelajaran yang telah ditetapkan sebagai mata pelajaran yang menggunakan sistem bilingual menggunakan buku dan bahasa pengantar bilingual

Mata pelajara IPA sudah mempergunakan buku bilingual akan tetapi guru-guru belum mengajarkan materi dengan mempergunakan bahasa inggris secara instans

Guru yang mengampu mata pelajaran bilingual belum dapat menyampaikan dan menjelaskan materi dalam dua bahasa dengan baik

 guru-guru yang ditugaskan mengampu mata pelajaran bilingual harus menguasai bahasa inggris dengan baik melalui pelatihan yang cukup

Setiap mata pelajaran yang telah ditetapkan sebagai mata pelajaran yang menggunakan sistem bilingual harus mengadakan evaluasi hasil belajar dengan bahasa inggris

Setiap mata pelajaran yang telah ditetapkan sebagai mata pelajaran yang menggunakan sistem bilingual masih mengadakan evaluasi hasil belajar dengan bahasa indonesia

Guru yang mengampu mata pelajaran bilingual belum dapat menyampaikan tulisan dalam bahasa inggris dengan baik dan benar

Guru-guru yang ditugaskan mengampu mata pelajaran bilingual harus menguasai kaidah penulisan bahasa inggris dengan baik melalui pelatihan yang memadai

Mata pelajaran yang menggunakan sistem bilingual seharusnya mata pelajaran dengan kondisi guru, siswa, sarana dan prasarana yang sudah yang memadai kondisinya untuk pembejaran bilingual

Mata pelajaran yang mempergunakan sistem bilingual mengacu pada kepentingan gengsi tanpa mempertimbangkan kondisi guru dan siswa untuk pembelajaran bilingual

Mata pelajaran IPA dan matematika masih menjadi pelajaran yang dianggap sulit oleh para siswa. Gguru belum dapat berbahasa ibggris dengan baik

1.Guru-guru harus dapat berbahasa inggris dengan baik
2.Mata pelajaran yang mempergunakan sistem bilingual adalah mata pelajaran non ujian nasional karena tidak terkait dengan masalah kelulusan.

PROGRAM KEPERPUSTAKAAN SEKOLAH

A.PROGRAM MINAT BACA SISWA OLEH GURU

  - story telling : mengadakan lomba story telling anta kelas dalam bahasa inggris, menggunakan buku-buku yang ada diperpustakaan sekolah yang dirujuk oleh guru.

  - mendongeng : mengadakan lomba mendongeng antar kelas dengan pemanfaatan buku-buku narasi yang tersedia diperpustakaan sekolah

  - mading sekolah : setiap kelas dijadwalkan mengisi rubrik yang berisikan : pendidikan, teknologi, dll

  - reportase : setiap siswa diwajibkan menyampaikan biograpy singkat dari seorang publik fiqure, dll dari buku yang pernah dibaca

  - kunjungan perpustakaan sekolah : seluruh guru memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan dan buku yang ada diperpustakaan satu-satunya sumber informasi untuk menyelasaikan tugas tersebut.

  - kartini library reward : memberikan hadiah kepada siswa terajin mengunjungi perpustakaan, membaca diperpustakaan lebih kurang 20 menit setiap kunjungan dan meminjam buku perpustakaan terbanyak

B. PROGRAM MINAT BACA GURU

  - ceramah umum : guru mendapatkan tugas menjadi pembina upacara setiap hari senin dengan tema yang telah ditentukan.

  - ceramah keagamaan : guru mendapatkan kesempatan yang sama memjadi pembicara dala berbagai kegiatan keagamaan

  - mading sekolah : setiap kelas dijadwalkan mengisi rubrik yang berisikan : pendidikan, teknologi, dll setiap minggu dan wali kelas diwajibkan turut ambil bagian mengisi rubrik tersebut

  - resensi buku : setiap guru  dalam waktu 1 bulan diberikan sebuah buku untuk dibaca dan diceritakan kembali kepada sesama rekan guru pada bulan berikutnya

  - kunjungan perpustakaan sekolah : seluruh guru wajib membuat jadwal belajar diperpustakaan yang teratur

  - kartini library reward : memberikan hadiah kepada guru terajin memngunjungi perpustakaan, membaca dan membawa murid keperpustakaan

  Rekomendasi : untuk tercapainya program-program diatas perlu penambahan buku-buku fiksi dan buku-buku non fiksi lainya yang best seller pada 5 tahun terakhir ini.

 

Sekolah 2008/2009 2009/2010 2010/2011 2011/2012
SMP Kartini 1 30 20 20 19

PRESTASI AKADEMIK

  1. OLYMPIADE
  2. CERDAS CERMAT
  3. ENGLISH SPEECH
  4. KIR ( Resensi buku HUT Perpustakaan Cory s/d juara harapan 1 baca puisi

PRESTASI NON AKADEMIK

Pramuka, gerakan jalan HUT RI juara III
Modelling & drama,
a. juara lomba bintang klan & fashion show di jakarta
b. juara modelling & acting berbakat jakarta
c. zharah pemeran bintang sinetron
d. nanda jala seni pameran bintang sinetron
e. ardiansyah pameran bintang sinetron
Seni islami, dua siswa ( galih ghafara & resi rahayu ) terpilih sebagai pengisi kultum ramadhan.

Rencana program kerja

  1. Kurilum , sasaran PBM lancar, peningkatan rata0rata hasil evaluasi semester maupun ujian nasional.
    ( telah terlaksana pada tp. 2010/2011 dan dikembangkan pada tp. 2012/2013 )
  2. kesiswaan, sasaran peningkatan jumlah penerimaan siswa , peningkatan kompetensi siswa, memenangkan kompetiti intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Contoh kegiatan, OSIS, mutasi siswa, lingkungan hidup, MOS, papan statistic, lomba antar kelas, lomba antar sekolah, kegiatan akstrakurikuler ( dikembangkan pada tahun pelajaran 2012/2013 )
  3. Kepegawaian, sasaran meningkatkan kompetensi dan prestasi kerja guru dan pegawai contoh kegiatan, guru melaksankan penyusunan program pengajaran, guru melaksanakan penyajian program pengajaran, dll, ( kegiatan mayoritas terlaksana perlu dilengkapi guru BP, komputer dan agama buddha ), dan kegiatan kepegawaian lainnya.
  4. Sarana/prasarana, terpenuhi kebutuhan sarana, tanah, gedung, taman, lapangan upacara, lapangan olah raga ( volly ball dan basket ball ).
  5. Keorganisasian sekolah, sasaran adanya struktur organisasi sekolah seperti struktur guru, dan pegawai, pengurus OSIS, dan pengurus kelas ( sudah ada dan diperbaiki kembali )
  6. Hubungan masyarakat, peningkatan kerja sama dengan pihak pemerintah, swasta, dan orang tua murid dalam rangka meningkatkan proses belajar mengajar bagi para siswa. ( belum maksimal )
  7. Ekstrakurikuler/ pengembangan diri, pembinaan minat bakat peserta didik mencapai prestasi dan keterampilan hidup. ( terlaksana )