TK Kartini 1 Batam

TK Kartini 1 Batam

TK KARTINI 1 BATAM : WADAH BAGI ANAK BERBAKAT

Dalam dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara, anak adalah penentu kehidupan pada masa mendatang. Di tangan anak usia dini lah perkembangan kehidupan berbangsa dan bernegara berada. Pembentukan karakter bangsa dan kehandalan sumber daya manusia ditentukan oleh bagaimana memberikan perlakuan yang tepat kepada mereka sedini mungkin.

Bermula dari kondisi memprihatinkan, pada era tahun 1970-an TK Kartini telah meletakkan pondasi dan pilar pendidikan anak usia dini di kota Batam. Pilar pendidikan yang telah dibangunnya seakan telah mengiihami masyarakat dari berbagai kalangan untuk berperanserta memperhatikan nasib pendidikan anak-anak yang ada di pulau Batam.

TK Kartini hadir bertekad untuk membina dan menumbuh kembangkan Anak Usia Dini secara menyeluruh yang mencakup aspek fisik dan non fisik, dengan memberikan rangsangan bagi perkembangan jasmani, rohani (moral dan spritual), motorik, akal-fikir, emonsional, dan sosial yang tepat dan benar agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

Adapun upaya yang dilakukan mencakup stimulasi intelektual, pemeliharaan kesehatan, pemberian nutrisi, dan penyediaan kesempatan-kesempatan yang luas untuk mengeksplorasi dan belajar secara efektif.

Yayasan Keluarga Batam (YKB), sebagai wadah Pendidikan Sekolah Kartini, sadar benar, bahwa percepatan pembangunan pulau Batam menuju era industrialisasi modern perlu diimbangi oleh layanan pendidikan berkualitas. Oleh karena itu, keberadaan Taman Kanak-Kanak (TK) sebagai pendidikan pra sekolah harus diperhatikan secara serius.

Tanpa terasa, di tengah kesibukan pemerintah yang telah meletakkan master plann pembangunan kota Batam, dan di pihak lain banyak warga berduyun-duyun datang ke Batam untuk mencari kerja, pertumbuhan penduduk, khususnya anak-anak usia dini berlangsung sangat pesat.

Anak-anak ini tentunya memerlukan tempat atau wadah untuk bermain, belajar dan berkumpul dengan anak-anak lainnya yang seusia dengan mereka. Untuk itu, agar TK Kartini dapat dijangkau oleh berbagai kalangan dan berbagai daerah yang ada di Batam, maka YKB membuka TK di tiga daerah berbeda, yaitu TK Kartini I di kecamatan sekupang, TK Kartini II di Batu Ampar, dan TK Kartini III di Kecamatan Nongsa.

Dengan dibukanya TK Kartini di tiga wilayah berbeda, diharapkan masyarakat dapat mengakes keberadaan TK Kartini dengan mudah. Meskipun berada di tiga wilayah berbeda, TK Kartini tetap dikelola dan dibina oleh guru-guru yang berpengalaman, sehingga kualitas layanan pendidikan tetap terjaga.

Ada dua konsep mendasar yang diterapkan di lingkungan sekolah Kartini, yaitu konsep pendidikan dasar moral yang meliputi pendidikan moral agama, perasaan, emosi dan kemampuan bermasyarakat, dan konsep pembentukan kemampuan dasar, yang meliputi kemampuan untuk berbahasa, daya piker, daya cipta, keterampilan dan jasmani.

Kedua konsep dasar tersebut dilaksanakan dalam sistem pembelajaran dengan pendekatan “bermain sambil belajar dan belajar sambil bermain. Pendekatan ini bertujuan untuk memberikan pola pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak sesuai dengan tingkatan umur mereka. Sebab, tidak sedikit orang tua yang tidak sabar menghadapi anak-anak usia TK, sehingga mereka memberikan pendidikan dan pembelajaran di luar batas kemampuan yang dimiliki anak.

Dengan langkah perlahan namun pasti, TK kartini saat ini telah berhasil menjadi mitra orang tua dalam pendidikan dan pembinaan anak-anak usia TK. Pada umumnya orang tua merasa puas dengan layanan bimbingan yang diberikan oleh para guru. Keberhasilan ini tidak terlepas dari peranserta dan kerjasama antara kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan lainnya yang ada di lingkungan sekolah.

Pendek kata, Semua guru dan karyawan yang ada di sekolah dengan gigih dan sabar memberikan layanan terbaik kepada anak-anak. Hal ini bertujuan untuk menjunjung tinggi tekad visi TK Kartini, yaitu “Menjadikan lulusan TK Kartini menjadi anak yang berakhlak,berbudi pekerti, berpengetaahuan dan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan”.

Untuk mewujudkan visi tersebut: TK Kartini telah memiliki beberapa misi penting :

  1. Mempersiapkan siswa yang cerdas, termpil, kreatif dan mandiri.
  2. Mengembangkan bakat dan minat siswa.
  3. Melatih anak untuk hidup rukun, saling menyayangi dan tolong-menolong.
  4. Mempersiapkan anak masuk SD.
  5. Mempersiapakn siswa agar mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
  6. Menciptakan suasana pembelajaran yang nyaman, aman, dan menyenangkan.

Dibandingkan beberapa tahun yang silam, kini semua TK Kartini tampil dengan perwajahan yang lebih menyenangkan dengan perlengkapan dan fasilitas pendidikan yang semakin lengkap. Di samping tersedianya halaman bermain yang luas dan tampak asri, TK Kartini telah dilengkapi alat-alat musik, drum band, dan computer plus program internet. Jadi, sejak dini anak-anak telah diperkenalkan alat-alat teknologi berbasis ICT, agar kelak ketika masuk SD anak-anak tidak gaptek alias gagap teknologi.

Di samping itu, untuk menyalurkan minat dan bakat anak-anak TK, maka TK Kartini telah mempersiapkan beberapa program unggulan, seperti pembinaan anak-anak yang mempunyai bakat seni untuk bisa tampil dalam pentas seni, pelatihan kemampuan mendongeng dan tarik suara (menyanyi) dengan iringan musik.

Sedangkan untuk meningkatkan wawasan anak-anak dengan dunia luar, TK Kartini telah menjalin kerjasama dengan beberapa kalangan, personal, dunia usaha, dan beberapa institusi lainnya yang mempunyai komitmen untuk pengembangan bakat anak. Adapun bentuk kerjasama yang telah dilakukan adalah; menjalin kerjasama dengan dunia wartawan, pers dan percetakan, menjalin kerjasama dengan Polantas, Puskesmas, Mc. Donald, Van Hollano, fun station, time zone, lembaga super brain dan kegiatan bakti sosial kemasyarakatan lainnya.

Pokoknya, TK Kartini selalu tampil berbeda dengan berbagai ide kreatif dan inovatif dalam pengelolaan pembelajaran yang atraktif dan ramah anak (friendly), yaitu suatu proses pembelajaran yang mempesona, menarik, mengasyikkan, menyenangkan, tidak membosankan, dan bervariasi.

PROGRAM PENDIDIKAN TK KARTINI 1 BATAM

1.Kegiatan kurikuler

saat ini pembelajaran mengacu pada kurikulum 2004 dengan pembelajaran kelompok, yang terdiri dari beberapa bidang pengembangan yaitu :

a. perkembangan sikap prilaku/ pembiasaan

- perkembangan nilai nilai keagamaan

- perkembangan sosial, emosional, dan

kemandirian

b. perkembangan kemampuan dasar

a. perkembangan bahasa

b. perkembangan kognitif

c. perkembangan fisik motorik

d. perkembangan seni

program pembelajaran yang digunakan tahun 2011-2012 akan menggunakan system sentra yang merupakan perubahan dalam penyusunan rencana kegiatan mingguan dan harian, penggunaan kelas juga sesuai dengn jadwal sentra.

2. Kegiatan intra kurikuler

- upacara bendera

- senam sehat ceria

- kegiatan jumat pendalaman keagamaan

- makan bersama

3. Program kegiatan ekstra kurikuler

pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler dilaksanakan pada pagi hari, pelaksanaan digabungkan pada jam sekolah dilaksanakan secara bergiliran pada kelas-kelas yang ada, dan diatur jadwalnya supaya tidak berbentur. Adapun kegiatannya sebagai berikut:

1. olah raga : berenang

2. seni : -seni musik

- menyanyi diiringi organ, drumband, angklung

-seni tari

- tari daerah, dan tari modern

4. Program kegiatan evaluasi

pelaksanaan evaluasi setiap hari selama dan setelah proses pembelajaran.

DATA GURU TK KARTINI 1

Sekolah 2008/2009 2009/2010 2010/2011

2011/2012

TK Kartini 1 7 6 7 7

PRESTASI TK KARTINI 1 BATAM

1. Porseni TK tingkat kecamatan dan kota batam 2010

a. juara 1 tari kreasi melayu porseni TK tingkat kecamatan sekupang 2010

b. juara 111 tari kreasi melayu porseni tingkat kota batam

2. Ajang kreativitas anak sholeh 2010 di TK AL-KAUTSAR

juara 11 tari kreasi melayu festival AKAS yayasan

AL- KAUTSAR BATAM 2010

3. Porseni TK tingkat kecamatan dan kota batam 2011

a. juara 1 lomba menyanyi solo putra porseni TK

kecamatan sekupang 2011

b. juara 11 lomba menyanyi solo putra porseni TK

tingkat kota batam 2011