SMK Kartini Batam

SMK Kartini Batam

SMK KARTINI SUKSES JADI SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (SBI)

Tahun 2008 adalah tahun monumental bagi sejarah perjalanan SMK Kartini Batam, sebab pada tahun ini Program Akuntansi SMK Kartini  terpilih menjadi program Sekolah Berstandar Inernasional. SMK Kartini seolah menjadi ikon penting untuk peningkatan mutu pendidikan sekolah kejuruan berstandar internasional di kota Batam, dan wilayah provinsi Kepulauan Riau (Kepri) pada umumnya.

            Sejak dimulainya kegiatan belajar mengajar pada tahun 1985, SMK Kartini selalu tampil sebagai lokomotif sekolah kejuruan dengan program pembelajaran yang handal. Tidak berlebihan jika banyak orang mengatakan; bahwa SMK Kartini telah berbuat sebelum orang lain memikirkannya.

Tidak terhitung lagi berapa banyak sudah kontrak kerjasama yang ditandatangani oleh SMK Kartini dari berbagai instansi, baik swasta maupun pemerintah yang bertujuan untuk peningkatan kompetensi siswa di era global.

            Terhitung dalam beberapa tahun terakhir, SMK Kartini telah menandatangani 12 Memorandum Of Understanding (MoU), yaitu 8 kali dengan Direktur PSMK, 4 kali dengan Pemerintah Provinsi. Selain itu SMK Kartini juga telah menandatangani lebih dari 50 kali dengan perusahaan untuk kerja sama praktek kerja industri, baik dalam maupun luar negeri.

            Sebagai SMK terbaik tahun pelajaran 2007/2008,  SMK Kartini pada setiap tahunnya selalu menambah perlengkapan fasilitas dan sarana prasarana pendidikan melalui bantuan  imbal swadaya dari pemerintah provinsi dan Direktorat PSMK yang meliputi:

1.      Pembuatan Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP) dari Direktorat Pendidikan Dasar Menengah (Dikdasmen).

2.      Revitalisasi peralatan praktek dari Direktorat PSMK.

3.      Outlet Praktek Kerja Industri (Prakerind) ke luar negeri dari Direktorat PSMK.

4.      Standar Nasional dari Direktorat PSMK.

5.      Inovasi Pendidikan dari Direktorat PSMK.

6.      Bantuan sarana Pendidikan dari Direktorat PSMK.

7.      Bantuan Operasional manajemen Mutu dari Provinsi Kepri.

8.      Rintisan SMK menjadi Sekolah Berstandar Internasional (SBI) dari Direktorat PSMK.

9.      Bantuan penambahan ruang kelas baru dari Direktorat PSLB.

 

Di samping menjadi sekolah yang paling banyak diminati di lingkungan Yayasan Keluarga Batam (YKB), SMK yang kini memiliki jumlah siswa sebanyak 849 siswa dan 71 orang guru ini juga  menjadi sekolah SMK pavorit di kota Batam. Pada setiap tahunnya SMK Kartini selalu menjadi rebutan ratusan siswa yang baru tamat SMP. Tingginya antusiasme siswa untuk sekolah di SMK Kartini membuktikan bahwa SMK Kartini selalu memberikan layanan pendidikan berkualitas sesuai dengan tuntutan global.

Untuk memenuhi harapan orang tua siswa dan tuntutan pemenuhan dunia kerja, kini SMK Kartini telah menjalankan  6 program keahlian:

1.      Program Akuntansi.

2.      Program Administrasi perkantoran.

3.      Program Akomodasi Perhotelan.

4.      Program Teknik Permesinan.

5.      Program Mekanik Otomotif.

6.      Program Multi Media.

Proses kegiatan belajar mengajar dilaksanakan di dua kampus berbeda. Kampus I untuk SMK Kartini Kelompok Bisnis dan Manajemen (Bismen) dengan tiga  program keahian, yaitu  Akuntansi, Administrasi Perkantoran, dan Akomodasi perhotelan. Kampus I ini  berlokasi di Jl. Budi Kemuliaan No.01 Kampung Seraya.

Sedangkan untuk Kampus II untuk SMK Kartini Kelompok Teknologi dan Industri yang berlokasi di Komplek Baloi View Batu Batam. Program keahlian yang dikembangkan di kampus II ini adalah program keahlian teknik permesinan, mekanik otomotif dan program keahlian Multi Media.

Meskipun berada di dua kampus berbeda, SMK Kartini tetap dipimpin oleh seorang Kepala Sekolah. Dibantu 2 orang wakil, masing-masing di kampus I dan kampus II, kepala sekolah bersama beberapa guru yang telah ditunjuk sebagai staff ahli selalu memperhatikan mutu dan kualitas pendidikan.  Perkembangan dan kemajuan siswa selalu menjadi pusat perhatian utama dalam menjalankan semua program pendidikan. Sebab siswa adalah cerminan mutu dan kualitas pendidikan yang dapat dipantau langsung oleh orang tua dan masyarakat pada umumnya.

Dengan motto “BERDISIPLIN MENUJU KEUNGGULAN”, sebagai pioner pendidikan SMK di kota Batam SMK Kartini akan terus berkarya dengan program-program unggulan yang berdaya jual tinggi. Ke depan, lulusan SMK Kartini diharapkan dapat mengisi dunia industri yang terus berkembang pesat di kota Batam. Untuk  itu peningkatan kemampuan dan kompetensi siswa merupakan hal yang tidak bisa ditawar lagi.

Sejalan dengan visi sekolah SMK Kartini “Terwujudnya Sekolah Kejuruan Sebagai Pusat Pendidikan dan Pelatihan Berstandarisasi Nasional Dan Internasional”, maka sekolah akan selalu mengadakan berbagai pelatihan atau diklat sesuai dengan tuntutan dunia kerja. Dibawah asuhan guru-guru yang professional dan berkompeten di bidangnya, semua siswa yang ada di lingkungan SMK Kartini didik tidak hanya untuk lulus ujian, tapi lebih dari pada itu siswa akan dibekali kemampuan untuk hidup mandiri sesuai dengan keahlian yang dimilikinya.

Selain didukung  oleh tenaga pengajar yang professional, siswa-siswa juga dapat  mendapatkan layanan pendidikan dengan fasilitas lengkap sesuai dengan program keahlian.  Untuk menyalurkan minat dan bakat anak dalam bidang olahraga, juga tersedia lapangan olah raga, seperti bola voli, sepak bola, badminton, basket dan tennis meja. Sedangkan untuk menambah wawasan siswa, tersedia perpustakaan sekolah dengan jumlah  koleksi bacaan yang cukup memadai.

Pada usianya yang ke-23 tahun ini Sekolah Kartini telah banyak meraih prestasi, baik akademik maupun non-akademik. Pada tahun 2007 tercatat ada 8 siswa yang mendapat undangan dari Fakultas teknik Universitas Gajah Mada (UGM), sedang pada tahun 2008 ada 3 siswa yang mendapat undangan pada fakultas yang sama.  Di daerah, siswa SMK Kartini pernah meraih juara I LKS untuk bidang administrasi perkantoran.

Tidak hanya siswa, banyak guru SMK Kartini yang juga sukses meraih prestasi, di antaranya pernah terpilih menjadi instruktur MYOB, mendapat prediket Kepala Sekolah terbaik  7 se-provinsi Kepulauan Riau, serta menjadi instruktur tempat uji kompetensi telematika dari lembaga sertifikasi profesi.

Pada bulan September 2009  mendatang SMK Kartini mendapat undangan untuk menyaksikan skill kompetensi tingkat dunia di Kanada. Undangan ini sudah tentu merupakan sebuah penghargaan atas keberhasilan SMK Kartini memberikan layanan pendidikan berkualitas kepada siswa sesuai dengan tuntutan era globalisasi yang semakin kompleks.

Dunia industri di kota Batam terus berkembang dengan cepat, dan kota ini juga akan dijadikan sebagai zona perdagangan bebas (free trade zone). Ini merupakan tantangan tersendiri bagi SMK Kartini yang telah ditetapkan sebagai rintisan SMK bertaraf internasional untuk terus mengadakan berbagai pembaruan program pendidikan secara menyeluruh.