35 Tahun Kiprah Pendidikan Sekolah Kartini 28 Desember 1978-28 Desember 2013

35 Tahun Kiprah Pendidikan Sekolah Kartini 28 Desember 1978-28 Desember 2013

35 Tahun Kiprah Pendidikan Sekolah Kartini

Perubahan demi perubahan yang terjadi di pulau Batam sejak era 1978-an membuat sosok Ibu Sri Soedarsono atau yang lebih dikenal dengan nama Ibu Dar, tampil dengan ide brilian atas dukungan suaminya Bapak Mayjen Soedarsono baik moril maupun materil, mencoba membangun sebuah institusi pendidikan yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Batam dalam mengenyam pendidikan berkualitas.


Maka pada tanggal 28 Desember 1978, Ibu Sri bersama beberapa Ibu-ibu lainnya bersepakat membentuk wadah Penyelenggara Pendidikan di Batam dengan nama Yayasan Keluarga Batam (YKB) yang dinotarialkan berdasarkan akte No. 26 tahun 1983, yang hingga saat ini tanggal tersebut diperingati sebagai HUT Yayasan Keluarga Batam, bertepatan dengan Peringatan 100 tahun lahirnya R.A. Kartini pada tanggal 21 April 1979, dan untuk mengenangnya seluruh sekolah di bawah naungan YKB diberi nama "KARTINIā€.


Dengan tekad yang terarah dan terencana sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan, maka berdirilah sekolah-sekolah kartini dari mulai TK s.d. SMA/SMK secara berkelanjutan, yang pertama dimulai di tahun 1979 pada TK 1 dan SD 1 di sekupang bersamaan juga untuk TK 2 dan SD2 diwilayah Jodoh, dan dilanjutkan di tahun1980 untuk SMPnya, berikutnya sesuai kebutuhan di tahun 1983 didirikan SMA Kartini, dan terakhir untuk mendukung pendidikan untuk semua berikut penyiapan SDM berketrampilan maka di tahun 1985 didirikan SLB Kartini Batam dan SMKTA Kartini Batam sebagai satu-satunya sekolah sistem satu atap kejuruan.


Seiring dengan perjalanan waktu, Alhamdullilah sekolah kartini berkembang dengan baik sesuai dengan Komitmen dari Ibu Sri Soedarsono sebagaimana Visi dan Misinya untuk mewujdukan seluruh sekolah Kartini sebagai sekolah Unggul, yang saat ini telah terbukti sebagai sekolah unggulan dibatam dengan menoreh sejarah sekolah yang luar biasa yang salah satu buktinya penggunaan Konsep Sekolah Kejuruan  (SMK) satu atap Pertama di Indonesia lahir di Batam dengan Sistem LINK & MATCH, yang seluruh siswanya memiliki kompetensi siap kerja yang didasari atas kewajiban mengikuti praktek kerja selama 6 bulan,  yang seluruh lulusannya memiliki sertifikat Kompetensi yang diuji oleh Perusahaan mitra; antara lain PT. Agung Automall untuk Otomotif, PT. Citratubindo untuk Permesinan, dan untuk angkatan pertama kompetensi lulusannya ditanda tangani oleh Pelindung YKB, Bapak Prof. DR. Ing. H. B.J. Habibie
Selain menjadi sekolah unggulan, sekolah kartini juga sebagai sekolah yang mengikuti kebutuhan pasar dalam bahasa pergaulan dunia selain bahasa Inggris, sekolah kartini menjadi sekolah pertama yang diizinkan melaksanakan pembelajaran bahasa Mandarin mengingat kita bertetangga dengan Singapore, dan bahasa mandari (China) sebagai bagia dari Bahasa Dunia dimana Batam dicanangkan sebagai bagian dari Kota Dunia yang madani.


Tak terlepas dari komitemen mewujudkan seluruh sekolah kartini sebagai Umum sekolah Unggul, namun juga bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Disabilitas) juga sangat diperhatikan guna mendukung program Education For All untuk Indonesia di tahun 2015 dan dunia ditahun 2020, maka guna memberikan layanan terbaik  pada tahun 2003 dibangunlah sekolah SLB yang sangat representative dengan gedung dan fasilitas pendidikan yang sangat baik dan memadai dalam pola sekolah Integrasi satu wilayah dengan sekolah umum lainya dari mulai TK, SD, SMP dan SLB dalam satu kesatuan layanan pendidikan yang merupakan satu-satunya sekolah satu atap di Indonesia antara pendidikan umum sampai pendidikan dasar yang menyatu dengan pendidikan khusus dan layanan pendidikan khusus yang dilengkapi dengan sistem Assesmen secara lengkap dan Profesional dibawah bimbingan Pelita Hati Jakarta, dalam wadah Sentra Pendidikan Khusus dan Layanan Pendidikan Khusus SLB Kartini Provinsi Kepri yang satu-satunya sekolah swasta yang ditunjuk menjadi Sentra dan sekolah percontohan bagi Indonesia Bagian Barat.
Memasuki era 35 tahun YKB, dalam rangka memenuhi kebutuhan atas SDM Kesehatan yang Kompeten baik secara regional maupun nasional dan bahkan Internasional ditingkat pendidikan tinggi dibidang kesehatan, maka di awal september 2013 dengan persiapkan terlebih dulu dibangunnya gedung 4 tingkat untuk 21 ruang, berbekal pengalaman yang ada dirintislah pendiiran Pendidikan Tinggi dengan prioritas pendiriannya dalam bentuk Politeknik Kesehatan Kartini Batam sebagai cikal bakal dari pendirian Institut Ilmu Kesehtan  yang memanfaatkan keunggulan atas keberadaan Fasilitas Rumah Sakit Budi Kemuliaan sebagai Rumah Sakit Type B dengan Akreditas A yang menjadi satu kesatuan komando di bawah Ibu Sri Soedarsono.


Keberhasilan dalam penyelenggaraan pendidikan sekolah kartini tak lepas atas Ridho dan Berkah dari Allah SWT yang didukung atas adanya kerjasama, perhatian masyarakat, perusahaan yang peduli agar anak didik kita dapat memiliki Imtaq yang baik dilandasi keterampilan yang dibutuhkan dalam kehidupan ditunjang dengan kesehatan Prima dan berkarakter jujur, sehingga dari berbagai kalangan banyak memberikan bantuan kepada sekolah kartini, yang dibuktikan baru baru ini dari perusahaan besar Proton memberikan satu Unit Mobil Praktek merk PROTON.


Adapun dukungna lainnya juga diberikan oleh Pemerintah kepada seluruh sekolah kartini dari mulai TK s.d. SMK dan SLBnya yang hampir seluruh peralatan belajar yang modern seperti CNC untuk SMK, Lab Multimedia pembelajran lengkap dengan Komputer pembelajran untuk SMA, dan bantuan peralatan pengajaran guru untuk TK, SD, SMP berikut perangkat lengkap dukungan peralatan ketrampilan untuk SLB yang nilainya milyaran diberikan oleh Pemerintah atas keberhasilan dan komitemen sekolah kartini memberikan layanan terbaiknya dalam bidang Pendidikan, yang sampai saat ini masih memegang teguh prinsip dan falsafah kartini, dengan komitemen layanan pendidikan tanpa gagal  untuk tercapainya visi penyelenggaran sekolah kartini  yang berkeunggulan, modern, ramah anak dan berwawasan Internasional dalam satu kesatuan layanan Prima di sekolah kartini.