Komentar Walikota Batam (Drs. Ahmad Dahlan)

Komentar Walikota Batam (Drs. Ahmad Dahlan)

“Sekolah Kartini adalah laboratorium Pendidikan di Batam”
(Walikota Batam : Drs. Ahmad Dahlan)

Kami mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-30 tahun kepada Yayasan Keluarga Batam (YKB), yang selam ini telah memberikan kontribusi besar bagi pembangunan Batam, khususnya dalam bidang pendidikan.

Menurut saya YKB telah memberikan sumbangsih yang sangat besar, bahkan bukan saja dalam bidang pendidikan, tetapi lebih jauh lagi, YKB telah berhasil menciptakan sumber daya manusia (SDM) untuk kota Batam yang kita cintai ini.

   Ketika masa awal pembangunan  kota Batam, di mana sarana pendidikan masih sangat terbatas, YKB telah menjawab semua tantangan tersebut dengan menyediakan berbagai kegiatan pendidikan, mulai dari TK, SD, SMP dan SMA dan Sekolah Luar Biasa (SLB). YKB terus berkembang dengan menyediakan SDM-SDM yang berkualitas.

  Selain itu YKB juga menyediakan  layanan pendidikan  untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Hal ini sangat diperlukan di kota Batam sebagai kawasan yang memang membutuhkan tenaga-tenaga terampil dan professional. Kita ketahui bersama, bahwa Batam telah dijadikan sebagai daerah industri, perdagangan , alih kapal dan tujuan pariwisata membutuhkan tenaga-tenaga handal sebagaimana yang telah dilahirkan oleh YKB selama ini.

   Di samping itu, YKB dengan segala tingkatan pendidikannya telah membawa nama baik yang berskala daerah, maupun nasional. Berbagai prestasi telah diraih YKB, dan ini menunjukkan komitmen dan profesionalisme YKB dalam  membangun pendidikan di Kota Batam ini.

    Selanjutnya, YKB juga telah menjadi sarana atau laboratorium bagi masyarakat Batam serta sekolah-sekolah lain yang ada di Batam. Untuk itu saya atas nama kepala daerah menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada YKB berserta keluarga besar dan pimpinannya, yaitu Ibu Sri Soedarsono yang kita hormati dan kita banggakan.

     Selamat untuk semuanya, semoga kejayaan ini terus dapat diraih dalam rangka menyongsong era globalisasi yang sudah menanti di hadapan kita. Memasuki era globalisasi yang penuh dengan tantangan tersebut, kami sangat engharapkan peranan YKB yang harus terus menerus ditingkatkan. Sebab apabila kita di Bata mini tidak memiliki SDM yang dibutuhkan pada era globalisasi tersebut, maka kemungkinan besar Batam yang kita cintai ini akan menjadi kota yang stagnan.

Oleh karena itu saya juga menghimbau kepada YKB untuk terus meningkatkan mutu dan kualitas pendidikannya hingga ke taraf internasional, agar kelak Batam bisa menjadi Bandar dunia yang madani sebagaimana visi pembangunan kota Batam.