Komentar Direktur Utama PT. Citra Tubindo Tbk (Kris Taenar Wiluan)

Komentar Direktur Utama PT. Citra Tubindo Tbk (Kris Taenar Wiluan)

YKB Perlu Bekerja Sama Dengan Dunia Industri
(Kris Taenar Wiluan : Direktur Utama PT. Citra Tubindo Tbk)

    Sebagai insan yang setiap harinya bergelut  dengan dunia usaha, secara pribadi saya mengacungkan jempol kepada Ibu Sri Soedarsono (Bu Dar). Sebab meskipun tidak pernah mengenyam pendidikan di Perguruan Tinggi, sosok Bu Dar mempunyai pemikiran cerdas dan mumpuni dalam bidang pendidikan. Kemampuan dan pengalamannya bahkan bisa melebihi lulusan perguruan tinggi pada umumnya.

            Di mata saya, Ibu Dar telah sukses membawa YKB dalam memberikan layanan pendidikan berkualitas bagi masyarakat Batam. Suksesnya pendidikan yang digerakkan oleh YKB terlihat dari banyak sekolah yang berada di bawah naungannya. Hingga saat ini YKB telah memiliki sekolah, dari TK, SD, SMP, SMA, dan SMK.  Semua sekolah yang dikelola YB diberi nama Sekolah Kartini.

            Khusus SMK Kartini, telah banyak memberikan kontribusi besar kepada dunia usaha. Banyak lulusan SMK Kartini kini bekerja di dunia usaha yang ada di kota Batam.  Melihat kemampuan dan kualitas SDM yang telah dihasilkan oleh Sekolah Kartini, tidak terbantahkan, bahwa semua siswa telah dididik dan diasuh olah tenaga  guru yang professional. Oleh sebab itu, wajar saja kalau semua Sekolah Kartini yang dipayungi YKB telah menjadi kebanggan  bagi masyarakat Batam.

            Untuk peningkatan mutu layanan pendidikan Sekolah Kartini, ke depan diharapkan YKB dapat bekerjasama dengan dunia industri, khususnya untuk pengembangan orientasi pendidikan jenjang SMK. Hal ini perlu menjadi catatan penting bagi YKB, sebab menurut saya,  perkembangan  kota Batam ke depan tidak akan jauh dari percepatan dunia usaha dan industri. Pertumbuhan dan persaingan dunia usaha akan semakin ketat menjelang diberlakukannya Batam sebagai kawasan perdagangan bebas (free trade zone).

            Jadi kerjasama dengan dunia usaha dan indistri muthlak harus dilakukan oleh YKB. Ini adalah kenyataan ril yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Sekali lagi, untuk maju dan mampu bersaing YKB harus bekerjasama dengan dunia industri.