Komentar Mantan Walikota Batam (Drs. H. Nyat Kadir)

Komentar Mantan Walikota Batam (Drs. H. Nyat Kadir)

Berharap YKB Bisa Mendirikan Perguruan Tinggi
(Drs. H. Nyat Kadir : Mantan Walikota Batam)


 Sejak didirikannya pada tahun 1978, YKB dinilai telah sukses mengelola pendidikan dari mulai jenjang pendidikan Taman kanak-Kanak (TK), SD, SMP, SMA dan SMK. Banyak sudah alumni YKB pada era 1970-an, 1980-an yang kini sukses dan telah bekerja di berbagai instansi dan dunia usaha, baik yang ada di kota Batam maupun di luar kota Batam.

          

  Untuk perkembangan YKB di masa mendatang, dan untuk menjawab tantangan zaman yang terus bergulir dengan cepat, saya mengharapkan YKB tetap terus memperbaiki mutu dan kualitas pendidikan Sekolah Kartini. Di usianya yang kini mencapai 3 dasa warsa, setidaknya YKB memiliki tenaga pengajar yang S2.

          

  Selain tenaga pengajar yang bermutu, YKB juga harus menyediakan fasilitas penunjang pendidikan berbasis ICT. Kerjasama yang dilakukan oleh YKB juga harus lebih ditingkatkan, khususnya lebih memperbanyak kerjasama dengan luar negeri. Hal ini perlu dilakukan agar semua Sekolah Kartini yang berada di bawah naungan YKB dapat mencapai mutu sesuai dengan standar internasional.

       

     Selanjutnya, di usianya yang kini telah mencapai 3 dasa warsa ini, YKB sepatutnya memikirkan untuk membangun sebuah Perguruan Tinggi Swasta di Batam. Melihat besarnya komitmen  untuk mewujudkan program peningkatan mutu pendidikan anak bangsa, khususnya di kota Batam, YKB mempunyai potensi besar untuk dapat mengelola sebuah perguruan tinggi.

           

 Untuk mewujudkan program pendidikan untuk semua, di mana tidak ada anak yang tidak mendapatkan pendidikan berkualitas, hendaknya YKB sebagai pioneer pendidikan di kota Batam juga memperhatikan mutu pendidikan bagi anak-anak yang berada di daerah tertinggal, khususnya di wilayah hinterland.

 

 Sejalan dengan visi kota Batam “Terwujudnya Batam Menuju Bandar Dunia Yang Madani dan Menjadi Lokomotif Pertumbuhan Ekonomi Nasional”, diharapkan melalui pendidikan Sekolah Kartini YKB dapat  membantu percepatan pembangunan  kota Batam dengan menyediakan SDM yang berkualitas.