Komentar Ka. Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau (Drs Arifin Nashir)

Komentar Ka. Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau (Drs Arifin Nashir)

Sekolah Kartini Dukung Program Wajar 9 Tahun”
(Ka. Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau : Bapak Drs Arifin Nashir)

Saya menaruh perhatian besar kepada Yayasan Keluarga Batam (YKB) sejak  tahun 1984.  Sejak saat itu saya melihat bagaimana sebenarnya kiprah pendidikan Sekolah Kartini yang ada di bawah naungan YKB dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM), khususnya di pulau Batam.

         

   Pada tahun itu belum banyak kelompok masyarakat yang membangun pendidikan yang memang dirasa perlu keberadaannya di Batam. Hanya satu di antaranya  yang benar-benar eksis dengan program kegiatan yang terencana, yaitu YKB.

        

    YKB telah memainkan peran yang sangat positif bagi pembangunan SDM yang ada di Batam, khususnya dalam rangka menyiapkan lembaga pendidikan guna memberikan kemudahan kepada putra-putri Batam pada khususnya, putra-putri provinsi Kepulauan Riau (Kepri) pada umumnya untuk meneruskan  dan melanjutkan ke sekolah-sekolah yang telah didirikan oleh YKB, dari mulai TK, SD, SMP, SMA dan SMK. Lebih dari itu, sentuhan pendidikan yang dilakukan oleh YKB ternyata tidak hanya terbatas pada pendidikan anak-anak normal, tetapi juga memberikan layanan kepada anak-anak berkebutuhan khusus (anak-anak penyandang cacat) di Sekolah SLB Kartini.

          

  Pada tahun 1984, fasilitas belajar, guru yang professional benar-benar telah secara matang dipersiapkan oleh YKB. Hal itu terlihat dari kesungguhan YKB merekrut kepala sekolah dan para dari luar kota Batam, ada yang dari jawa dan ada juga yang berasal dan Sumatera, serta dari daerah lainnya.

        

    Meskipun tidak begitu lama saya bergabung dengan YKB, yaitu kurang lebih selama 6 bulan menjadi tenaga pengajar di SMP dan SMA Kartini, namun bila kita melihat out put yang dihasilkan sekolah-sekolah Kartini, ternyata mutu dan kualitasnya tidak kalah dengan  sekolah-sekolah lain. Saya masih sempat melihat murid-murid yang berasal dari Sekolah Kartini mampu memasuki perguruan-perguruan tinggi elit yang mempunyai nominasi yang baik, baik yang ada di Jakarta maupun di kota-kota lainnya.

        

    Saya masih menaruh harapan besar kepada YKB. Sebab YKB merupakan penyelenggara pendidikan  yang sangat dinamis, progresif dengan program-program sekolah yang cukup handal. Tidak hanya terbatas pada layanan pendidikan pada anak-anak normal, tetapi juga pada anak-anak berkebutuhan khusus.

       

     Menurut saya, sosok Ibu Sri Soedarsono  masih merupakan pigur yang luar biasa. Beliau tidak pernah kenal lelah dalam membangun sumber daya manusia berkualitas di kota Batam ini melalui YKB. Secara jujur patut kita mengakuinya, bahwa sangat sulit kiranya mencari duanya sosok yang sama seperti Ibu Dar, yang mempunyai komitmen dan perhatian penuh pada masyarakat. Teristimewa dari sosok pribadi Ibu Dar adalah kesungguhan. Sebab, sangat mustahil dalam membangun pendidikan ini tanpa adanya suatu kemauan yang kuat, niat tulus dan kesungguhan yang besar.

         

   Secara nyata, pembangunan yang telah dilakukan oleh YKB di kota Batam tidak pernah surut dan terus melangkah ke depan secara pasti. Dalam perkembangannya YKB juga terus mengadakan inovasi-inovasi dalam bidang pendidikan di kota Batam dan provinsi Kepri pada umumnya, sehingga  menjadi sekolah yang cukup diperhitungkan  oleh lembaga-lembaga lainnya, baik swasta maupun negeri. Hal ini menunjukkan, bahwa eksistensi Sekolah Kartini sangat terukur dan benar-benar dapat kita banggakan.

        

    Saya percaya dan yakin, ke depan YKB akan terus menerus memberikan yang terbaik kepada masyarakat luas. Dengan keterbatasan pemerintah dalam memberikan layanan pendidikan kepada masyarakat, keberadaan Sekolah Kartini yang ada di bawah naungan YKB sangat membantu pemerintah untuk ketercapaian program wajib belajar (Wajar) sembilan tahun.

          

  “Dirgahayu Yayasan Keluarga Batam ke-30 Tahun”.  “Majulah dan jayalah Pendidikan Sekolah Kartini Yayasan Keluarga Batam”. Semoga Allah Swt memberkati segala perjuangan YKB di bawah kepemimpinan Ibu Sri Soedarsono.