Komentar Ketua Dewan Pendidikan Kota Batam (Hardi Hood)

Komentar Ketua Dewan Pendidikan Kota Batam (Hardi Hood)

Terapkan  Sistem Pendidikan Berbasis Life Skill
(Hardi Hood: Ketua Dewan Pendidikan Kota Batam)

Tiada anak yang tiada mendaatkan layanan pendidikan berkualitas. Barangkali itulah ungkapan yang pantas saya ucapkan bila melihat kerja keras Yayasan Keluarga Batam (YKB) yang telah 30 tahun berkiprah dalam dunia pendidikan.  30 tahun bukanlah waktu yang singkat.  Tapi YKB melalui Sekolah Kartini yang ada di bawah  naungannya telah membuktikan kepada kita semua.

            Menurut saya dari awal berdirinya YKB sadar benar, bahwa pendidikan  adalah sebuah perjalanan panjang yang tidak pernah berhenti sejalan dengan perubahan peradaban manusia.

 

Lebih salut lagi, ternyata YKB tidak Cuma meberikan layanan pendidikan umum, tetapi juga memberikan layanan kepada anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) atau yang lebih dikenal dengan istilah anak-anak penyandang cacat.  Padahal,  mengelola pendidikan bagi ABK biaya operasionalnya sangat besar, tetapi YKB berkomitmen, bahwa para ABK juga berhak mendapatkan layanan pendidikan sebagaimana anak-anak pada umumnya.

        

    Perjuangan YKB dengan segenap visi, misi dan komitmennya patut didukung oleh semua pihak, khususnya dari pemerintah. Apalagi pendidikan yang diberikan oleh YKB telah dilaksanakan sesuai dengan standarisasi yang ada, bahkan telah melampauinya. Sebab YKB tidak hanya memberikan layanan pendidikan sebagaimana umumnya, tapi YKB juga telah menerapkan sebuah sistem pendidikan handal, yaitu sistem pendidikan berbasis life skill. Artinya setiap anak akan dibekali skill yang dapat menunjang kehidupannya. Jadi anak-anak akan menerima pembinaan sesuai dengan potensi yang mereka miliki. Pihak sekolah hanya mengarahkan, menyalurkan dan melakukan pembinaan, serta sedapat mungkin memberikan bebrapa fasilitas yang diperlukan.

 

Sekali lagi selaku Ketua Dewan Pendidikan Kota Batam saya sangat salut, dan semoga paska usia ke-30 tahunnya YKB tetap terus memberikan layanan pendidikan kepada masyarakat luas.