SD Kartini II Batam jadi Duta Dokter Kecil Kepri

SD Kartini II Batam jadi Duta Dokter Kecil Kepri

Rabu, 6 Mei 2009 11:09:24 - oleh : heri-f

TASYA DUTA DOKTER KECIL KEPRI

 

Nugraha Tasya Ramadhani siswa kelas 5 SD Kartini II Batam, terpilih sebagai Duta Dokter kecil mewakili provinsi Kepri dalam ajang pemilihan Dokter Kecil Awards Nasional pada tanggal 6-10 Mei 2009 di Jakarta.

            Pada Seleksi yang digelar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Provinsi kepulauan Riau di Gedung M3G Baloi Batam pada tanggal 30 April 2009. Dalam acara tersebut Tasya berhasil menyisihkan 12 dokter kecil kainnya yang mewakili Kabupaten/Kota se-Provinsi kepulauan Riau (Kepri).

            Dokter kecil adalah berasal dari sekolah-sekolah  yang memiliki Unit Kesehatan Sekolah (UKS) se-Kepri dengan kategori murid kelas 4 dan 5 SD sebagaimana yang dikatakan  oleh dr T. Afrizal Dachlan , di dampingi oleh ketua seleksi dr Antonius Sianturi.

            Dokter kecil awards tersebut dilaksanakan oleh IDI Pusat dalam rangka memperingati Hari kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang diperingati setiap tanggal 20 Mei. Harkitnas tersebut dipelopori oleh 3 orang dokter yang dikenal dengan tiga serangkai yang telah berhasil mempelopori pendirian organisasi Modern yang dikenal dengan sebutan ”Boedi Oetom”, yaitu dr. Soetomo, dr. Wahidin Soedirohoesodo, dan dr. Cipto Mangoenkoesoemo.

            “Dokter sekarang ingin memperbaharui kepeloporan ketiga serangkai tersebut sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada saat ini. Khusus untuk Wilayah Kepri, IDI akan melakukan penyuluhan  kesehatan, seminar dan berbagai kegiatan social lainnya.

            Tasya  mengaku senang teripilih menjadi Duta Dokter kecil mewakili Provinsi Kepri di Jakarta.  Ia mengaku kelak nanti akan bercita-cita menjadi seorang dokter anak. Alasannya ingin membantu anak-anak supaya tetap sehat. Pelajaran yang saya senangi di sekolah adalah pelajaran sains.

            Kriteria penilaian dalan ajang pemilihan dokter kecil se-Kepri ini adalah  pengetahuan dan keterampilan tentang P3K, sifat kepemimpinan yang baik, , dinilai berdasarkan ujian tertulis dengan 50 soal berkaitan dengan kesehatan, memiliki ranking 10 besar di sekolah, mempunyai kepribadian menarik, sehat jasmani dan rohani, dan pintar berkomunikasi dengan baik.

            Syarat lainnya, ada guru UKS di Sekolah Dokter Kecil. Sekolah bersangkutan memiliki UKS yang dibuktikan dengan SK dari Depdiknas minimal telah berjalan 6 bulan. Pada umumnya semua  dokter kecil yang ikut seleksi memiliki kemampuan  yang hampir sama.

            Sudah sejak lama, kalau di SD Kartini II Batam semua siswa diberikan pelatihan ekstra kurikuler secara optimal.  Semua siswa diberikan motivasi untuk dapat berkembang dan tumbuh sesuai dengan bakat dan potensi yang dimiliki oleh setiap anak.

            ”good luck” Tasya, teruskan perjuanganmu, semoga di event nasional nanti bisa menjadi duta Kepri yang diperhitungkan.

 

SD Kartini II Batam:

Alamat: Komp. Sumber Agung Sei. Jodoh Batu Ampar Batam.

Telp. (0778) 458431

kirim artikel | Cetak

Berita "Informasi Umum" Lainnya