Kemeriahan Perayaan Hari Kartini

Kemeriahan Perayaan Hari Kartini

Selasa, 8 Mei 2012 10:17:49 - oleh : iputera

Tanggal 21 April, yang merupakan hari kelahiran R. A. Kartini, tiap tahunnya diperingati sebagai Hari Kartini. Seperti halnya Yayasan Keluarga Batam yang baru saja mengadakan peringatan Hari Kartini yang dilaksanakan pada hari Jum’at (27/04) dan Sabtu (28/04). Peringatan Hari Kartini diikuti dari tingkat TK sampai dengan SMA.


SMA Kartini Batam bersama dengan SMP Kartini Batam tampil pada hari Sabtu (28/04). Awal acara dibuka oleh tampilan menyanyi dari siswi SMP Kartini. Kemeriahaan acara ini berlanjut dengan ditampilkannya Pemilihan Kartini dan Kartono SMA Kartini, merupakan perlombaan wajib yang selalu diadakan SMA Kartini dengan mengirimkan perwakilan dari setiap kelas.
Selain mengadakan perlombaan, kesempatan ini juga dimanfaatkan sebagai ajang promosi sekolah binaan Yayasan Keluarga Batam dengan menampilkan prestasi para siswanya.


“Acara sebenarnya sudah berjalan cukup baik, mungkin cuma tahun ini suasana kartininya kurang berasa karena sudah lewat tanggal 21. Jadi, semangat temen-temen juga tidak begitu menggebu-gebu, tidak seheboh acara sebelumnya,” kata Jevica, siswi kelas IX SMP Kartini. Pemunduran tanggal perayaan bukan suatu penghambat kemeriahan acara. Terbukti siswa/i Kartini tetap menikmati acara. Bukan saja heboh, tetapi juga terlihat kompak dan serasi dengan memakai baju kebanggaan bangsa Indonesia, Batik.


“Ini merupakan momen dimana kita mengingat kembali pengorbanannya untuk bisa memajukan intelektual wanita Indonesia,” kata Bu Leni, guru Geografi SMA Kartini. Mudah-mudahan, peringatan Hari Kartini tidaklah sebatas mengenang lahir pejuang perempuan yang bernama Kartini, namun dapat memberikan pemahaman yang utuh terhadap pemikiran-pemikiran sosok Kartini sehingga cita-citanya dapat terwujud.
Perempuan tidak membenci laki-laki, begitupun sebaliknya. Hanya saja di dunia ini mereka terlanjur ditaruh dalam posisi tanding. Seolah-olah harus membela kaum masing-masing. Akhirnya perempuan mendambakan kesetaraan, dan laki-laki semakin berusaha lari kencang.
Selamat Hari Kartini.

by: Kristiani Widya, Tim Jurnalistik SMA Kartini Batam.

kirim artikel | Cetak

Berita "Acara" Lainnya